Antara menikmati keindahan pasir pantai kebumen dan belanja ikan segar



Garis pantai selatan yang membentang di kebumen jawa tengah masih sangat potensial untuk di kembangkan untuk menjadi obyek wisata pantai. Beberapa pantai baru yang mempunyai panorama alam indah di buka masyarakat bekerja sama dengan Perum Perhutani pantai pasir ini.

Pantai Pair ini berlokasi di desa pasir kecamatan Ayah kabupaten Kebumen. Pantai pasir terletak di desa pasir / 24 km sebelah selatan kota Gombong 7 km sebelah barat Pantai Karangbolong, di balik keindahan alam yang memukau.

Pantai pasir diyakini masyarakat setempat sebagai pintu gerbang istana Nyi Roro Kidul adapun pintu gerbang tersebut berupa batu karang yang seperti berwujud beruang yang sedang minum air telaga.

Disamping wisata alam pantai yang menawan pantai Pasir juga merupakan lokasi menarik bagi yang suka berbelanja hasil laut.Karena Pantai Pasir merupakan tempat pelelangan ikan atau TPI utama di Kabupaten Kebumen. Pemandangan di sekeliling pantai pasir merupakan perpaduan antara alam dan laut yang indah pegunungan yang anggun serta wilayah pertanian dan pertambakan yang subur.

RUTE MENUJU PANTAI PASIR KEBUMEN

Rute menuju pantai pasir ini memiliki 2 jalur :
1     Jalur pertama jika anda dari Purworejo bisa ambil jalur selatan nanti tembusnya di pantai Suwuk Puring, setelah jembatan ambil kiri, arah ke Cilacap. Jika dari Gombong tinggal ambil jalur rowokele atau jalur ke Goa Jatijajar dari jembatan perbatasan Simpulih Kebumen, ambil kanan ada polsek terus ikuti jalurnnya.

FASILITAS DI PANTAI PASIR KEBUMEN

Pesona batu batu pemecah ombak pantai pasir dapat menjadi perhatian tersendiri bagi kalian jika datang kesana. Ada juga keindahan bukit di atas pantai di kenal juga sebutan view atas, yang tidak kalah indahnya, jika ingin menuju ke bukit tersebut kalian dapat berjalan ke timur dari TPI pantai Pasir menuju bukit tersebut.

Pemandangan dari atas sangatlah indah dan romantic, banyak pohon pohon kelapa dan tannahnya juga datar enak untuk bersantai bersama pasangan atau keluarga menikmati sejuk pemandangan apalagi membawa beka makanan di nikmati di sana.

Disana juga bagus untuk menikmati matahari terbenam atau sunset. Pantai ini masih jarang di kunjungi oleh wisatawan. Sehingga untuk bermain main masih bebas dan leluasa apalagi dengan hamparan pantai yang sangat luas ditambah lagi dengan aliran sungai kecil di tengahnnya. Dan dertan perahu perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai menjadi pemandangan tersendiri yang cukup indah.

Dari parkiran motor bila menghadap ke barat kalian akan melihat tebing yang kelihatannya seperti terkena longsor tapi buka , rupannya tebing tersebut sengaja di buat oleh masyarakat sekitar untuk di gunakan sebagai jalan, untuk mencapai beberapa spot menarik.

Kalian perlu berjalan di tebing itu. Lokasi pertama yaitu pantai Lampong, cukup berjalan sekitar 30 menit dari parkiran motor, jalannya lebar dan sedikit menanjakdan melelahkan hehe, lalu turun ke bawah menyusuri jalan, sebelum sampai pantainya kita bisa temui tempat duduk yang terbuat dari bambu dan dipasang ke batang pohon agar bisa untuk beristirahat dan duduk santai dengan hembusan anginnya yang melenakan, sekaligus pemandangan pantai pasir dari atas yang sungguh menawan.

Melihat potensi yang ada sepertinya memang ada yang harus di benahi termasuk fasilitas umum seperti KM/WC meski sudah ada tapi kondisinya ada yang rusak dan tempat sampah yang kurang. Berwisata ke Pantai Pasir ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.


Facebook Comments

0 komentar