Pantai karang agung Kebumen : Surga tersembunyi di selatan Jawa Tengah


Pantai karang agung merupakan pantai yang berada di bagian barat pantaai mengganti dan sebelum pantai Ayah Kebumen. Untuk dapat kesana kalian akan memarkirkan kendaraan pada satu warung yang hanya ada satu di tempat itu. Akses menuju pantai belum tersedia. 

Lalu kalian diberitahu untuk turun kebawah menerobos hutan kurang lebih 20 meter berjalan kaki. Untuk menuju kesana sebaiknya membawa minuman dan makanan, karna kalian akan naik turun menerjang hutan. Perjalanan akan di kelilingi oleh pohon – pohon jati dan semak semak di kanan kiri jalan kalian. 

Sebaiknya datang ke sini pagi hari karna di sore hari medan yang kalian tempuh melalui hutan tanpa penerangan jaraknya pun jauh tidak di rekomondasikan untuk pergi sore ataupun malam hari . Hanya segelintir wisatawan yang ingin susah demi melihat keajaiban lain di kebumen ini. Di pantai karang agung berdiri anggun sebuah karang yang menyendiri tinggi dan terpisah dari darataan jika air laut pasang. 

Tak heran wisatawan menjuluki Pantai ini dengan sebutan Tanah Lot nya  Kebumen atau Pantai Papumanya Kebumen. Tak banyak pasir yang di jumpai di pantai ini. Hanya bebatuan kecil berserakan menyatu dengan daratan pulau jawa berhias jejeran pohon kelapa yang rapat, deburan ombak riuh berada dengan karang hitam bergumul. 

Semilir angina pantai yang sepoy sepoy, terlihat hilir mudik perahu nelayan menuju pantai Padelen. Pantai ini cukup di keramatkan oleh penduduk dekitar memang menyimpan keajaiban lain di balik perbukitan Karst Gombong Selatan. Letaknya tak begitu jauh dari Jl Deandeles Argopeni (Yogyakarta – Cilacap ). 

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini bertanyalah pada penduduk sekitar karena taka da fasilitas petunjuk jalan dan fassilitas lainnya di pantai ini. Jadi untuk para wisatawan jangan membuang sampah sembarangan di pantai maupun di jalan menuju pantai, Pantai ini juga kerap digunakan sebagai tradisi laut warga.

Rute menuju Pantai Karang Agung melewati Kebumen

Kebumen kota – Kelirong – Munggu (Petanahan) – Pantai Suwuk – Karangbolong – belok kanan ke Jl. Ayah Karsngbolong – Srati – Karangduwur – belok kiri kea rah Cilacap – Argopeni – Pantsi Karang Agung.

Tidak adda tempat parkir khusus di obyek wisata ini. Anda harus memarkirkan kendaraan di pinggir jalan di depan warung kecil pintu masuk, Pintu masuk yang di maksud adalah pintu masuk saat anda harus berjalan kaki, menuruni bukit ditengah hutan. Disini juga tidak ada fasilitas seperti toilet atau musolla jadi harap membawa bekal minuman dan makanan. 

Untuk menikmati pantai ini cukup membayar 5000 rupiah/orang. Ketika berjalan menuruni bukit disebelah kiri jalan terdapat curug mini dengan air yang jernih, semakin terlihat keagungan dari Pantai Karang Agung. 

Pohon kelapa yang tumbuh di sekitarnya memberi kesan yang eksotis yang teduh. Sesampai di pantai sesekali perahu nelayan melintas untuk berlabuh di Timur pantai ini. Melihat perahu – perahu yang mencari ikan digoyang – goyangkan ombak. 

Walaupun fasilitas belem memenuhi tapi keindahan dan kesejukan serta keasriannya telah mengobati . Ya, Panorama seperti itulah yang menjadi sensasi sendiri keagungan tuhan. “ Menikmati keagungan tuhan dengan menikmati senja dan mengabadikannya secara anggun di karang agung, dan tidak lupa tidak membuang sampah sembarangan disana. Menikmati senja sore hari tentunya mempunyai rasa tersendiri apalagi bersama orang tercinta ,suami atau istri merupakan momen paling romantic.


Facebook Comments

0 komentar