Perpaduan antara mitos dan keindahan alam di goa jati jajar Kebumen


Di bentuk alam selama ibuan tahun, muncullah karya nan indah yang menawarkan nuansa lain. Tempat berpetualangan dan rekreasi menghilangkan penat aktifitas sehari harimu.Sebagaimana umumnya obyek yang ada di Indonesia hamir menyimpan legenda yang menarik

Goa Jajarpun tak ketinggalan, kata yang punya cerita Goa Jatijajar ini pada jaman dulu merupakan tempat semedinnya Raden Kamandaka kemudian mendapat wangsit. Cerita Raden Kamandaka ini dikenal dengan legenda lutung kasarung yang slalu ada di cerita rakyat .

Pada mulanya pintu pintu goa masih tertutu olehtanah maka setelah tanah yang menutupi dibongkar ketemulah pintu goa yang sekarang untuk masuk. Karena di mukagoa ada 2 pohon jati yang tumbuh sejajar maka goa tersebut di namakanlah goa Jatijajar. 

Goa jatijajar adalah wisata alam yang terletak di kabupaten kebumen jawa tengah, goa ini keseluruhannya terbentuk dari kapur ini memiliki panjang 250 meter dari pintu masuk sampai keluar dengan lebar rata rata 15 meter, dan tinggi rata tara 12 meter. Dan lokasi ini berada 50 meter di atas permukaan laut. 

Goa jatijajar merupakan obyek wisata andalan dikebumen. Goa ini dulu di temukan pada tahun 1802 oleh seorang petani yang bernama jayamenawi yang memiliki lahan pertanian di antara gua tersebut, suatu ketika beliau sedang mengambil rumput dan kemudian terjatuh kesebuah lubang yang ternyata lubang tersebut adalah sebuah fentilasi yang ada di langit langit goa tersebut. 

Lubang ini mempunyai garis tengah 4 meter dan tinggi dari tanah yang berada di bawahnya 24 meter, kebayangkan betapa sakitnya tubuh beliau he. Setelah beliau menemukan gua, tak lama kemudian bupati Ambal salah satu pemimpin kebumen waktu itu, meninjau lokasi tersebut.

Memasuki gua ini anda akan merasakan sensasi yang beda, betapa tidak !! anda akan merasakan masuk ke dalam mulut binatang purba dinosaurus, tambah ngeri lagi jika membayangkan gelapnya suasana di dalam perut dinosaurus ,,he tak kebayang deh,

Fasilitas di goa jati jajar Kebumen

Sebagai simbol obyek wisata goa Jatijajar di muka goa telah di buat patung binatang dinosaurus dari mulut patung ini keluar air dari sendang atau sungai mawar dan sungai kantil yang di manfaatkan masyaraka sekitaruntuk sumber pengairan sawah desa jatijajar. Di dalam goa terdapat 7 sungai / sendang tetapi dapat dicapai hanya 4 sungai saja ,yaitu :
1.      Sungai Puser Bumi
2.      Sungai Jombor
3.      Sungai Mawar
4.      Sungai Kantil

Tiap tiap sungai /sendang mempunyai mitos tersendiri yaitu :
Sungai Puser Bumi dan Sungai Jombor katannya airnya mempunyai khasiat yang dapat digunakan untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing masing
   Sedangkan Sungai mawar airnya jika untuk mandi atau mencuci muka katannya bisa membuat awet muda
Jika Sungai Kantil airnya jika buat mandi atau cuci muka cita citannya akan mudah tercapai
Pada saat ini yang telah dibangun baru Sungai mawar dan Sungai kantil sedangkan Sungai Puser Bumi dan Sungai Jombor masih alami belum ada penerangan dan masih licin.

Pesona Stalagtiti dan Stalagmit Goa jatijajar Kebumen

Di dalam Goa Jatijajar terdapat stalagmit dan juga pilar tiang kapur. Yaitu pertemuan antara stalagtitdan stalagmit. Kesemuannya ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang sudah breaksi dengan batu batu kapur yang di tembusnya di dalam goa juga dapat di jumpai fosil fosil seperti lepidocyclin sumatrensis brady. Fosil fosil tersebut menunjukkan bahwa umur bebatuan dan juga sekaligus menceritakan lingkungan asalnnya yaitu laut dangkal yang mempunyai kedalaman 60 meter.


Facebook Comments

0 komentar