Sensasi mandi ala raja keraton surakarta di umbul pengging boyolali


Umbul pengging, Sebuah mata air alami yangberbentuk kolam atau dalam bahasa jawa di sebut umbul. Dahulu kala umbul pengging adalah sebuah tempat dimana raja-raja dari keraton surakarta bersantai dan berendam.

Ini terlihat dari bangunan di sekitar  umbul pengging yang bernuansa atau bercorak khas keraton surakarta. Umbul pengging atau sering juga di sebut umbul tirto marto terdapat 3 buah umbul, masng-masing mempunyai nama dan filososi tersendiri

Umbul Pertama adalah umbul temanten, umbul temanten adalah umbul yang paling luas di area wisata umbul pengging boyolali. Dahulu terdapat 2 umbul yang berdekatan, sehingga sang raja berdoa dan meminta agar 2 umbul tersebut di jadikan satu, layaknya sperti pasangan yang disatukan dalam sebuha ikatan pernikahan.

Umbul temanten sendiri sampai sekarang masih sering dipergunakan masyarakat umum untuk upacara memandikan pasangan pengantin yang akan menikah. Atau sering juga masyarakat mengambil air dari umbul temanten ini untuk upacara siraman dengan harapan pernikahan akan semakin langgeng.

Umbul kedua adalah umbul dudo. disebut umbul dudo, kono ceritanya sang raja kasunanan surakarta dahulu menemukan seekor kura-kura laki-laki yang berenang sendirian di umbul ini. Karena tidak ada pasangannya, maka sang raja menamakan umbul kedua ini dengan nama umbul dudo

Umbul Ketiga adalah umbul ngabean, umbul ini adalah umbul yang paling eksclusive dari  umbul lainya, karena hanya dari keluarga raja saja yang boleh mandi di umbul ini, dan pada jaman dahulu umbul ini di jaga oleh prajurit berpangkat ngabehi. jadi lama kelamaan umbul ini diberi nama umbul ngabean.

Selain mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang lokasi pemandian umbul ini yang berhubungan dengan jodoh, penyakit dan lain-lain, memang umbul pengging ini memiliki suasana yang sejuk , air yang sangat jernih sampai dasar kolam. Sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif wisata air dan edukasi sejarah bagi keluarga.

Lokasi dan rute menuju pemandian umbul pengging boyolali

Secara administratif umbul pengging berada di desa dukuh, kecamatan banyudono, kabupaten boyolali, jawa tengah. atau berada di sebelah utara kota klaten lebih tepatnya. umbul pengging berada di titik koordinat -7.552742, 110.675862 .

rute menuju umbul panggih sendiri cukup mudah. selain itu berada di tengah2 3 kota wisata lain, yaitu solo, yogyakarta dan semarang. Jika dari arah kota jogja, langsung sja menuju ke arah kota solo atau kotacklaten melalui jalan jogja-solo.

Sebelum sampai kota klaten , ambil kanan melewati jalur bypass kota klaten. ikuti rute sampai masuk di jalan raya solo. Setelah ada kantor samsat delanggu, ada pertigaan ambil kiri dan ikuti rute tersebut sampai masuk di lokasi wisata pemandian umbul pengging klaten.

Fasilitas di wisata umbul pengging boyolali

Selain kolam pemandian, umbul ponggok juga tersedia taman beramin untuk anak-anak. Bagiyang tidak membawa bekal makanan di area umbul pengging juga tersedia beberapa warung makan yangmenyediakan berbagai makanan khas kuliner boyolali.

harga tiket masuk di pemandian umbul pengging pun tergolong sangat murah. pengunjung cukup membayar 3.000 rupiah perorang. tarif parkir disini pun cukup terjangkau 1000 rupiah untuk motor dan 3000 rupiah untuk mobil.




Facebook Comments

0 komentar