Air terjun kembang soka, kulon progo, surga tersembuyi di ujung barat jogja


Jogjakarta memang menyimpan sejuta pesona. Kota yang menjadi daerah istimewa ini memiliki pemandangan alam yang indah sehingga wajar jika daerah ini  menjadi destinasi wisata favorit wisatawan domestik dan luar negeri. 

Satu diantaranya adalah wisata air yang terletak di desa Kulon Progo Jogja. Air Terjun KembangSoka namanya, adalah daerah wisata yang terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. 

Nama lain air terjun ini adalah air terjun kembangsoka, berasal dari banyaknya tanaman atau bunga Soka yang tumbuh di sekitarnya. Air terjun kembang soka dikenal memukau dan memiliki aliran air yang deras, sehingga dimanfaatkan juga sebagai sumber air bagi warga sekitar.

Wisata air terjun kembang soka a memiliki luas sekitar lima hektar dan sudah menjadi objek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah sebagai aset wisata. Pemandangan yang dipenuhi tebing di sekitar air terjun dan bebatuan berwarna merah pekat akan memanjakan anda saat bermain dengan derasnya air terjun yang bagian bawahnya berwarna kekuningan. 

Pada satu sisi dari tempat wisata ini dilengkapi sebuah jembatan yang memudahkan akses menuju air terjun. Jembatan ini seringkali digunakan untuk lokasi berfoto bagi pengunjung dan membantu untuk dapat menikmati panorama sekitarnya.

Menuju ke lokasi air terjun dipastikan cukup melelahkan karena jaraknya yang lumayan jauh dari pintu masuk objek wisata. Oleh karenanya, bagi anda yang ingin datang ke tempat ini sebaiknya menyiapkan fisik yang bugar, lantaran dibutuhkan perjalanan yang panjang. Namun, kelelahan anda akan terbayar saat sampai di lokasi air terjun. Panorama yang indah layaknya berada di film fantasi akan anda nikmati disini.

Fasilitas yang ada di lokasi air terjun kembang Soka diantaranya adalah warung makan yang berjejer sepanjang perjalanan ke lokasi air terjun, kamar mandi umum, tempat penjualan jas hujan, dan beberapa deretan ibu-ibu yang menjual kebutuhan seperti roko, permen, dan sebagainya. 

Di lokasi air terjun ini tidak dijumpai tempat penginapan. Namun, bagi anda yang hendak menginap, anda bisa mencoba untuk bernegosiasi dengan warga sekitar yang memang menyewakan kamar mereka khususnya bagi wisatawan yang berasal dari luar wilayah Jogjakarta.

Untuk menuju ke desa Jatimulyo dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua atau lebih. Akses menuju wilayah desa Jatimulyo merupakan jalan yang cukup mudah dilewati. Pengunjung harus tetap waspada dengan adanya jalan yang curam dan penurunan tajam serta beberapa jalan rusak yang belum diperbaiki hingga sampai di pintu masuk objek wisata. 

Selanjutnya kendaraan anda dapat dititipkan pada warga sekitar yang juga mengelola tempat penitipan kendaraan, pelayanan ini dibandrol dengan biaya Rp. 2000 hingga Rp. 5000  untuk satu kendaraan. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan pada warga yang menjadi pengelola objek wisata sekitar Rp. 5000 saja. 

Wah! Dengan biaya yang luar biasa terjangkau anda akan dimanjakan dengan alaminya air terjun di kawasan Kembang Soka. Tertarik? Selamat berkunjung! Selalu ingat untuk menjaga kelestarian dan kebersihan di lokasi yang sudah memanjakan mata kita ya!


 Demikian artikel mengenai Wisata Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo Jogjakarta, semoga bermanfaat !
Facebook Comments

0 komentar