Keindahan sunset di pantai pok tunggal gunungkidul yogyakarta


Wisata pantai di pesisir selatan Jogjakarta yakni wilayah Gunung Kidul memang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang juga menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah Pantai Pok Tunggal Jogjakarta yang berada di Gunung Kidul.

Pantai dengan pasir putihnya ini menawarkan satu suguhan yang berbeda dari pantai di Gunung Kidul pada umumnya. Letaknya tidak jauh dari Pantai Indrayanti Jogja, anda yang doyan berpelesir ke wilayah Gunung Kidul, pasti mengenal nama pantai-pantai tersebut.

Pantai Pok Tunggal dibuka untuk umu dan menjadi objek wisata pada tahun 2012 lalu. Peningkatan jumlah pengunjung menyebabkan pantai ini selalu mengalami perkembangan infrastruktur yang memadai dari pihak pengelola.

Satu keunikan yang ada di pantai ini adalah asal nama Pok Tunggal yang diilhami dari nama sebuah pohon yang tumbuh di pantai tersebut, poho Duras namanya. Pohon Duras dikenal dengan nama Pokok Duras, dari asal nama itulah pantai menjadi Pok Tunggal yang artinya terdapat satu pohon yang tumbuh di pinggir pantai.

Kebersihan pantai Pok Tunggal sangat dijaga oleh masyarakat sekitar yang sekaligus merangkap menjadi pihak pengelola pantai. Bahkan terdapat denda yang dibebankan apabila ada wisatawan yang dengan sengaja membuang sampah di area pantai, dendanya Rp. 10.000,- per sampah lho! Hebat!

Selain hamparan pasir putihnya yang bermain dengan ombak khas pantai selatan, pantai Pok Tunggal juga dikenal sebagai tempat camping bagi sebagian besar wisatawan. Panjang garis pantai Pok Tunggal memang cukup panjang untuk dinikmati sehingga keindahannya terkadang harus disimak melalui bukit yang ada di kawasan ini.

Spot untuk berfoto lebih banyak dimainkan di area dekat pohon Duras karena keunikannya. Fasilitas yang tersedia di objek wisata pantai Pok Tunggal ini sudah cukup lengkap lho beberapa toilet bersih, warung makan, tempat parkir luas, dan penginapan ada di sekitar wilayah pantai. Untuk menikmati camping ground di area oini pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp. 10.000,- per tenda, sedangkan untuk sewa tenda Rp. 60.000,- saja untuk semalam. Cukup terjangkau bukan?

Akses menuju ke lokasi pantai Pok Tunggal sudah dapat dilewati dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan karena jalurnya sudah tertata rapi, namun pada beberapa tikungan, anda tetap harus berhati-hati ya!

Pantai Pok Tunggal berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Jogja. Jadi anda bisa memperhitungkan waktu untuk tiba disini agar tidak terlalu siang. Rute yang harus anda lewati adalah dari pusat kota Jogja menuju Wonosari.

Papan penunjuk jalan akan menuntun anda ke rute pantai Indrayanti yang tidak jauh dari pantai Pok Tunggal ini. Anda bisa mengikuti jalur tersebut. Sekitar 15 menit dari pantai Indrayanti, anda akan tiba di lokasi Pantai Pok Tunggal. Retribusi parkir di objek wisata ini hanya sekitar Rp. 3.000,- per motor atau Rp. 15.000,- per mobil, tiket masuk gratis!

Demikian artikel informatif mengenai objek wisata Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Jogjakarta, semoga bermanfaat untuk perjalanan liburan anda!

This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 komentar



This Is The Newest Post