Keindahan surga tersembunyi curug citambur cianjur jawa barat


Propinsi Jawa Barat memang banyak menyimpan keeksotisan. Berbagai objek wisata menarik mulai dari gunung, tebing, pantai, dan air terjun sangat populer dimiliki oleh pemilik ibu kota Bandung ini. Di bagian selatan kota Bandung tepatnya di perbatasan antara Ciwidey dengan kabupaten Cianjur. 

Air terjun ini dinamakan air terjun Curug Citambur. Mendengar namanya, memang belum sepopuler koleganya seperti Curug Cimahi atau Curug Malela. Namun, keindahan pemandangan air terjun Curug Citambur berani diadu lho!

Lokasi Curug Citambur berada di desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur Selatan. Air terjun ini memang  masih dalam tahap pengembangan sebagai objek wisata di kabupaten Cianjur. Namun, fasilitas yang disuguhkan sudah memenuhi standarisasi kenyamanan bagi pengunjung.

Panorama yang ditawarkan di air terjun Curug Citambur adalah derasnya debit air yang mengucur dari ketinggian sekitar 130 meter (versi warga setempat). Pengunjung memang dilarang mandi tepat di bawah kucuran air yang begitu deras oleh pengelola karena faktor keamanan. 

Bagi pengunjung yang ingin melihat lebih dekat atau menikmati sensasi air yang dingin bisa melewati jalan bawah yang diapit oleh pemandangan sawah penduduk sekitar. Tentu saja akses jalan disini lebih licin dan kurang dirawat, sehingga harus berhati-hati.

Keunikan lain yang ditawarkan adalah derasnya kucuran air yang bisa menyerupai embun saat terlihat dari kejauhan. Air terjun Curug Citambur diapit oleh dua tebing yang sama tinggi serta pepohonan yang masih asri sehingga menambah sejuknya udara di sekitar lokasi air terjun. 

Bagi pengunjung yang ingin melihat uap air serupa embun disarankan untuk membawa pakaian ganti karena pakaian yang digunakan sudah pasti basah terkena percikan air. Waktu yang disarankan untuk menuju ke lokasi wisata Curug Citambur ini adalah saat musim penghujan tiba. 

Debit air akan mengalir dengan derasnya pada musim ini sehingga pengunjung bisa menyisir keindahan alam yang masih tampak alami.

Panorama alam yang tersaji di kawasan Curug Citambur memang sedikit berbeda dari air terjun di Jawa Barat pada umumnya. Bentangan panorama hijau pepohonan yang sangat indah dan rerumputan yang hijau asri terbentang luas layaknya  sebuah karpet hijau siap memanjakan mata. 

Beberapa fasilitas pendukung seperti toilet umum, kamar mandi ganti, warung makan, dan tempat parkir yang cukup luas sudah dikelola dengan baik di tempat ini sehingga pengunjung tidak perlu takut akan minimnya pelayanan.

Akses menuju lokasi wisata air terjun Curug Citambur memang cukup sulit. Namun, kelelahan anda akan terbayar manakala sampai di lokasi wisata. Letak air terjun Curug Citambur tepat berada di seberang kantor  Desa Pasirkuda. 
Sesampainya pengunjung di gerbang “ Selamat Datang di Curug Citambur”, pengunjung akan dikenakan tarif retribusi parkir yaitu sekitar Rp. 2.000,- (motor) dan Rp. 5.000,- (mobil). Setelahnya, hanya dikenakan tarif tiket masuk senilai Rp. 3.000,- Per orang. 

Dengan harga yang terjangkau tersebut anda sudah bisa menikmati panorama alam yang jelas tidak bisa dibandingkan dengan materi berapapun nilainya. Sekitar 100 m dari pintu masuk pengunjung sudah dapat menyaksikan indahnya Curug Citambur. Objek wisata Curug Citambur akan ramai pada akhir pekan atau hari libur nasional. Nah, bagi anda yang sudah berencana mengunjungi Curug Citambur, selamat berlibur ya!

Facebook Comments

0 komentar