Menikmati Eksotisme Bawah Laut Pulau Tanjung Putus Lampung



Lampung, satu diantara provinsi yang kaya akan keindahan alamnya. Berbagai kesenian adat dan budaya lahir dari provinsi dengan ibu kota Bandar Lampung ini. Ya, provinsi Lampung memang menarik untuk disimak berbagai keindahan alamnya.

Banyak panorama yang indah disuguhkan di wilayah ini. Seperti yang akan dibahas pada kali ini yaitu keeksotisan Pulau Tanjung Putus Lampung. Pulau Tanjung Putus adalah nama satu diantara pulau yang terletak di Kabupaten Pasawaran Teluk Lampung.

Sederet dengan pulau ini ada pulau Pahawang dan pulau Kelagian. Asal nama Tanjung Putus berasal dari cerita dulu bahwa pulau ini sebenarnya sempat menyatu dengan pulau Sumatra, namun karena terjadinya erosi mengakibatkan sebagian tanah tertutup air laut dan terpisah.

Pulau Tanjung Putus memiliki pemandangan alam yang cantik dengan pantai landai yang siap memanjakan mata anda. Hamparan pasir putih kecoklatan berpadu dengan air laut yang berwarna biru jernih menjadi pesona alam yang akan membuat anda takjub.

Selain itu beberapa batu karang dan barisan pohon kelapa di sekitar pantai akan menambah semaraknya pulau ini. Wisatawan asing dan domestik sudah ramai mengunjungi tempat ini karena pesonanya.

Pengunjung dapat bermain air sepuasnya di tempat ini. Mulai dari berenang, menyelam, bermain perahu, berjemur, atau bermain dengan ikan-ikan lucu seperti pari bintik biru, bintang laut, dan ikan yang dapat ditemui saat melemparkan potongan roti ke permukaan air.

Wow! Sangat menarik pesona Indonesia. Pulau Tanjung Putus juga merupakan tempat budidaya ikan laut, penyu, dan terumbu karang. Jadi, pengunjung hanya dapat menikmati indahnya ikan warna-warni yang muncul di permukaan laut dan jenis terumbu karang di dalamnya tanpa boleh memiliki dan memancing ya!

Fasilitas yang tersedia di kawasan ini sudah cukup lengkap, diantaranya tersedia penginapan atau cottege dengan harga yang terjangkau. Warga setempat juga mneyediakan rumah mereka untuk dapat disewakan. Tempat karaoke serta rumah makan sudah banyak tersedia di lokasi ini. Beberapa perahu disewakan apabila pengunjung ingin menikmati air laut dengan santai, selain spot snorkling yang memang menjadi andalan di objek wisata Pulau Tanjung Putus.

Akses menuju Pulau Tanjung Putus cukup mudah yaitu sekitar 35 km dari pusat kota Bandar Lampung. Perjalanan dari kota Bandar Lampung menuju ke Kampung Ketapang, anda dapat menitipkan kendaraan anda dengan aman di tempat ini pada pengelola yang juga warga sekitar dengan tarif normal sebesar Rp. 10.000,- untuk mobil dan Rp. 7.000,- untuk motor (kecuali milik wisatawan asing), kemudian anda harus menyewa perahu motor untuk menyeberang. Tarif yang dikenakan untuk ongkos sewa perahu adalah Rp. 450.000,- untuk pergi-pulang. Tarif ini bisa lebih murah apabila anda pandai bernegosiasi harga dengan pemilik perahu.

Tips yang disarankan saat anda berencana mengunjungi Pulau Tanjung Putus ini adalah membawa berbagai keperluan untuk berwisata seperti baju renang atau semacamnya yang memang tidak tersedia di kawasan ini. Selain itu, jangan lupa menjaga kelestarian lingkungan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan agar tetap dapat menikmati liburan anda.

Demikian artikel informasi mengenai kawasan objek wisata Pulau Tanjung Putus Lampung. Semoga bermanfaat bagi perjalanan berlibur anda ya!

Facebook Comments

0 komentar