Menikmati kegagahan gunung merapi dari ketep pass magelang


Kota Magelang Jawa Tengah memiliki kekayaan leluhur yang sungguh menakjubkan. Beberapa peninggalan bersejarah ada di kawasan yang terkenal dengan Borobudur dan Gunung Merapinya ini.

Ya, Magelang kini mulai menunjukan eksistensinya sebagai kawasan wisata yang menarik dengan berbagai peninggalan serta objek wisata yang dimilikinya. Satu diantara objek wisata andalan saat ini yang ada di wilayah Magelang adalah Ketep Pass.

Ketep Pass adalah bukit dengan desain terasering dan didalamnya terdapat berbagai wahana bermain sekaligus belajar, dan pastinya berlibur bagi anda dan keluarga. Tempat ini berada di jalur wisata SSB atau Solo-Selo- Borobudur.

 Kawasan wisata Ketep Pass diresmikan pada tahun 2002 sebagai lokasi wisata yang berada di jalur SSB. Ketep Pass merupakan pengembangan objek wisata kegunungapian yang berada di wilayah Ketep, Puncak Sawangan, Magelang Jawa Tengah.

Dengan ketinggian 1200m diatas permukaan laut, area ini adalah spot yang pas untuk menyaksikan keindahan kota Magelang dan sekitarnya dari ketinggian. Letaknya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Magelang. Dan 35 km dari Boyolali Jawa Tengah.

Beberapa aktifitas di lokasi objek wisata ini memang lebih disarankan sebagai sarana edukasi dan penelitian aktifitas gunung Merapi. Namun, banyak juga wisatawan yang berlibur dan memilih area ini untuk rekreasi keluarga.

Kegiatan yang dapat anda lakukan di tempat ini cukup beragam, selain menonton bioskop mini, menikmati ketinggian dari gardu pandang, dan beberapa agrowisata. Pengunjung juga dapat menikmati perjalanan sejarah melalui museum vulkanologi yang disediakan di tempat ini sebagai sarana edukasi. Nah, harga tiket masuknya sudah termasuk harga yang anda bayarkan di pintu masuk sebelumnya.

Hamparan lahan pertanian dengan padi dan tanaman hijau lainnya dapat anda nikmati dari bukit ini melalui gazebo yang ada di sekitar lokasi. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan lima gunung dari pelataran Panca Arga. Sebuah spot yang memang dikhususkan sebagai tempat untuk menikmati panorama lima gunung etrsebut.

Pengunjung yang ingin belajar sejarah dapat masuk ke dalam bioskop mini yang memang khusus memutar film-film tentang letusan gunung Merapi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan melalui Teropong yang disediakan di lokasi ini, tarifnya sekitar Rp. 3.000,- per orang. Tiket masuk ke area Ketep Pass dan area museum adalah sekitar Rp. 7.500,- saja.

Dengan harga tersebut sudah termasuk asuransi jiwa lho! Retribusi parkir keamanan di kawasan Ketep Pass berkisar antara Rp. 2.000,- hingga Rp. 12.000,- per kendaraan.

Akses menuju ke kawasan wisata Ketep Pass termasuk mudah dijangkau, karena berada di jalur wisata yang pasti dilewati beberapa kendaraan yang menuju Jogja atau Solo. Kendaraan umum yang melintasi wilayah ini sudah banyak tersedia, tapi khusus bagi anda yang berada di wilayah Jogja saja ya! Sedangkan bagi pengunjung dari luar daerah disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena cuaca yang tidak menentu dikhawatirkan akan mengganggu perjalanan anda nantinya.

Demikian artikel informatif mengenai kawasan wisata Ketep Pass Magelang Jawa Tengah, semoga bermanfaat bagi liburan anda dan keluarga!

Facebook Comments

0 komentar