Menikmati senja di hutan mangrove kulon progo yogyakarta


Daerah Istimewa Jogjakarta. Dari namanya saja sudah terbayang betapa istimewanya propinsi yang menggunakan sistem kerajaan ini. Ya, di wilayah Jogjakarta memang tidak pernah habis mengupas keindahan alam dan wisatanya. 

Mulai dari Gunung Kidul yang terkenal dengan keindahan panorama pantainya, Malioboro yang ramai dengan keramahan warganya serta berbagai objek wisata lain yang sayang jika tidak dikunjungi. Seperti yang akan dibahas pada kesempatan ini yaitu keindahan hutan Mangrove yang terletak di kawasan Kulon Progo Jogjakarta.

Kulon Progo saat ini memang sedang giatnya memunculkan objek wisata yang menarik bagi wisatawan. Selama ini diketahui beberapa objek wisata yang terkenal di Kulon Progo adalah wisata pantainya seperti Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik. 

Kali ini Kabupaten Kulon Progo mencoba menampilkan keeksotisan baru melalui hutam Mangrove Pantai Congot yang menyuguhkan kealamian hutan bakaunya. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini menyajikan panorama indah hutan mangrove atau hutan bakau.

Secara administratif lokasi Hutan Mangrove ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta. Letaknya berada tepat di sebelah barat Sungai Bogowonto. Dari kota Jogja rute ke kawasan Hutan Mangrove ini mengikuti arah jalan Wates yang menuju Patung Nyi Ageng Serang, kemudian mengikuti jalan ke arah Purworejo.

Di kawasan hutan Mangrove ini memang seperti pada umumnya menampilkan kecantikan hutan bakau. Namun, terdapat keunikan tersendiri yang dimiliki HUtan Mangrove Kulon Progo ini yaitu  panorama pemandangan alam mangrove yang juga menyuguhkan keindahan pantai. 

Pengelolaan dan pengembangan kawasan Mangrove ini dilaksanakan oleh warga setempat melalui swadaya. Pada saat ini tercatat terdapat empat spot objek wisata yang berada di dalamnya antara lain Jembatan Api-Api, Wanatirta Pasir Mendit, Pantai Pasir Kadilangu, dan Maju Lestari. Dari keempat spot tersebut yang cukup dikenal adalah Jembatan Api Api yang seringkali menjadi objek berfoto pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di kawasan ini sudah memadai bagi pengunjung. Untuk berkeliling mengitari hutan Mangrove pengunjung dapat melewati jembatan bambu yang sudah terbangun, selain itu pengunjung juga dapat berkeliling dngan menggunakan perahu yang disediakan dengan tarif naik sekitar Rp. 5.000,- orang, murah bukan? 

Pengunjung dapat melihat bberapa tambak udang milik penduduk setempat yang kebetulan bisa disimak dari kejauhan. Fasilitas umum seperti toilet dan warung yang menjual makanan juga sudah tersedia di objek wisata ini. Untuk penginapan, memang belum tersedia, namun ada juga warga yang menyediakan ruangan di rumah mereka untuk disewakan kepada pengunjung yang kebetulan ingin menginap dengan tarif yang sudah mereka tentukan (tanpa menawar).

Tiket masuk yang dibandrol Hutan Mangrove Kulon Progo ini hanya sebesar Rp. 3.000,- per orang dan biaya retribusi parkir yang dibebankan senilai Rp. 2.000,- saja. Dengan harga yang terjangkau dan fasilitas serta keindahan alam yang begitu memanjakan mata, tentunya menarik untuk dikunjungi. Bagi anda yang memang berencana menghabiskan liburan di wilayah Jogjakarta. Kawasan wisata Hutan Mangrove Kulon Progo layak untuk menjadi tujuan anda.


Demikian artikel informasi mengenai kawasan wista Hutan Mangrove Kulon Progo, semoga bermanfaat bagi perjalanan anda!
Facebook Comments

0 komentar