Pantai indrayanti gunungkidul : Pantai di Yogyakarta rasa Bali


Destinasi wisata  di kawasan Gunung Kidul Jogjakarta memang tak habis untuk dinikmati keindahan. Salah satu pantai ternama dengan slogannya “Jogja Rasa Bali” sepanjang 250 garis pantai yang diimbuhi dengan pemandangan pasir putih menawan akan menyegarkan mata anda. 

Ya, pantai Indrayanti disebut sebagai surga pantai nan romantis yang ada di pesisir selatan Jogjakarta. Nama pantai Indrayanti sebelumnya dikenal dengan Pantai Pulang Syawal atau disingkat “Pulsa”. Dikarenakan lebih dikenalnya sebuah restoran swasta yang menempatkan papan nama “Indrayanti” di dekat lokasi pantai maka sebagian besar orang menyebut nama pantai ini dengan Pantai Indrayanti.

Lokasi pantai Indrayanti dapat ditempuh sekitar 48 km ke selatan dari kota Jogjakarta. Jika anda ingin berkunjung ke pantai ini, akses jalan menuju lokasi sudah cukup nyaman meskipun jalan masih belum diperlebar. 

Letak pantai yang menawarkan lokasi penampakan sunset yang indah ini ada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Keunikan yang dapat anda rasakan di pantai ini adalah keindahan deretan pantai yang berbeda dengan suasana yang juga menawarkan keindahan berbeda. Pantai Indrayanti didampingi oleh dua pantai lain yang juga tak kalah memanjakan mata anda yakni pantai Sundak dan Pantai Somadeng tepat di sebelah baratnya.

Berkunjung ke pantai Indrayanti anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang nyaman. Selain area parkir yang luas, di sepanjang pantai juga terdapat gazebo untuk anda bersama keluarga sambil menikmati masakan laut dan es kelapa muda yang menjadi minuman favorit di tempat ini. 

Bagi anda yang ingin menginap, di area dekat pantai juga tersedia penginapan dengan tarif yang terjangkau untuk satu malam. Kenyamanan di sekitar pantai tidak terlepas dari peran pihak pengelola yang mengedepankan kebersihan dengan menerapkan denda Rp. 10.000,- jika ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Akses menuju ke lokasi ini sudah sangat mudah hanya menuju ke arah alun-alun Wonosari. Untuk retribusi masuk wilayah pantai pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000,- per orang, sedangkan kawasan pantai yang buka 24 jam menyediakan sewa gazebo yang dibandrol Rp. 25.000,- . 
Menariknya di kawasan ini pengunjung akan dimanjakan dengan tebing dengan panorama sunset yang memukau mata. Tidak hanya itu, jika tebing belum dirasa cukup, permainan jetski siap memacu adrenalin anda dengan tarif Rp. 250.000,- saja. Menarik bukan? Tarif sewa penginapan di sekitar area pantai juga masih terjangkau yakni sekitar Rp. 300.000,- per malam.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, pantas saja kawasan Pantai Indrayanti selalu ramai pengunjung apalagi jika akhir pekan dan hari libur nasional. Selain mampu mengusir penat anda akan aktifitas kota, pantai Indrayanti juga cocok bagi anda yang sedang merencanakan bulan madu. 

Pemandangan eksotisnya dijamin tidak kalah dengan pantai-pantai romantis lainnya di Indonesia. Nah, jika berkunjung ke Jogja, kurang lengkap rasanya tanpa menikmati pantai yang terkenal dengan masakan laut dan tebing indahnya ini. 

Apalagi kecantikan batu karang yang bertaburan di pinggir pantai yang pastinya sayang jika anda lewatkan. Penasaran? Yuk, segera rencanakan liburan anda ya!


Demikian artikel mengenai kawasan wisata pantai Indrayanti. Semoga bermanfaat !
Facebook Comments

0 komentar