Pantai Menganti : Surga tersembunyi di ujung selatan Kebumen


Kota Kebumen Jawa Tengah tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai Ayah, dan Pantai Karang Bolong saja. Di kota ini ternyata juga menyimpan keindahan panorama pantainya yang lain. Ya, pantai Menganti yang berada di desa Karangduwur, 

Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen juga menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah indah dengan pantai terkenal lainnya. Nama pantai Menganti memang belum setenar pantai lainnya di Indonesia. Namun, keistimewaan pantai ini tidak kalah lho!

Hamparan pasir putih yang berdampingan dengan birunya laut akan membuat pengunjung terpukau seolah menyaksikan gradasi maestro lukisan. Pantai Menganti menyuguhkan pemandangan alam pantai yang alami, diwarnai deburan ombak yang khas. 

Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai aktifitas nelayan yang tengah beristirahat di atas perahu mereka sambil sesekali memperbaiki jaring. Para penduduk di sekitar pesisir pantai memang berprofesi sebagai nelayan dan terbiasa melaut di malam hari. 

Selain menikmati indahnya pantai dan bermain air, pengunjung dapat berbaur dengan keseharian nelayan, sambil membeli ikan segar langsung di tempat pelelangan ikan yang ada di kawasan ini. Fasilitas yang ditawarkan di lokasi pantai ini memang masih terbatas, hanya tersedia toilet umum dan warung makan yang berjejer di sekitar area pantai. Bagi pengunjung yang ingin menginap disarankan untuk menyewa rumah warga setempat yang memang disediakan bagi wisatawan yang berasal dari jauh. 

Selain itu, di kawasan pantai juga diperbolehkan untuk membawa tenda dengan catatan ombak dalam tingkat yang aman. Terdapat pula gubug, villa keluarga, dan gazebo yang bisa dijadikan tempat beristirahat melepas kepenatan. Wah, menarik pastinya bisa sambil berpiknik bersama keluarga.
Pengunjung yang ingin memandang pantai dari ketinggian, bisa melalui perbukitan yang ada di sekitar kawasan pantai Menganti. Bukit akan menuntun pengunjung menuju atas tebing yang disana terdapat mercusuar peninggalan Belanda tahun 1900-an. 

Tentunya pengunjung tetap harus berhati-hati melalui jalur ini karena masih tahap pengembangan. Dari ketinggian 20 meter ini, mata pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pantai beserta lekuk bukit karang yang membentang sambil sesekali terlihat burung yang bebas terbang. Pengunjung juga bisa menikmati sunset maupun sunrise di tempat ini, semakin romantis pastinya.

Akses menuju kawasan wisata pantai Menganti tidaklah sulit, karena letaknya searah dengan Pantai Logending yang berjarak sekitar 40 km dari pintu masuk pantai Menganti. Sekitar 45 km dari kota Gombong dan Kebumen, perjalanan menuju kawasan ini dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi. 

Hal ini dikarenakan masih terbatasnya kendaraan umum seperti bus atau angkutan kota di wilayah sekitar pantai. Sesampainya di loket masuk kawasan Menganti, pengunjung dapat membayar tiket seharga Rp. 10.000,- per orang untuk dapat menikmati keindahan pantai.

Sebagai sebuah destinasi wisata, pantai Menganti masih dikategorikan sebagai wisata baru. Dibuka pada awal tahun 2011 Pantai Menganti sudah mengalami banyak pengembangan. Banyak wisatawan yang terpukau dengan berbagai keindahan dan keramahan penduduk yang membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Tertarik? Segera rencanakan liburan anda ya!

 Demikian artikel informasi mengenai Pantai Menganti Kebumen, semoga bermanfaat bagi perjalanan anda.
Facebook Comments

0 komentar