Pantai sepanjang gunungkidul : Menikmati pantai terpanjang di jogja


Kabupaten Gunung Kidul sebagai surganya panorama pantai tak henti-hentinya menawarkan pesona alam yang memukau mata. Kabupaten yang terletak di bagian selatan Jogjakarta ini, kali ini menyuguhkan pemandangan alam pantainya yang sungguh menarik banyak wisatawan domestik. 

Nama pantai ini adalah kawasan wisata pantai Sepanjang. Dilihat dari namanya, pantai Sepanjang memang memiliki garis pantai yang memanjang dari barat ke timur, bahkan lebih panjang dari pantai- pantai lainnya yang ada di kawasan Gunung Kidul. 

Pantai Sepanjang memang baru dibuka sebagai objek wisata oleh Pemkab Gunung Kidul. Oleh sebab itu, wisatawan yang datang kemari kebanyakan berasal dari domestik saja.

Pantai Sepanjang sering disebut sebagai kembaran Pantai Kuta tempo dulu, hal ini dikarenakan hamparan pasir yang bertemu dengan garis pantainya serupa dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai Sepanjang terletak di daerah Desa Kemadang, 

Tanjungsari, Gunung Kidul. Eksotisme Pantai Sepanjang terlihat dari karang- karang yang menghiasi bibir pantai diikiiuti dengan biota laut saat air sedikit surut.pengunjung dapat menjumpai anggang laut, bintang laut, bulu babi, rumput laut, dan aneka jenis ikan laut serta kerang.

Panorama yang jarang ditemui di kawasan lain tersebut juga terlihat semakin indah saat didukung dengan pohon-pohon palem yang berjajar di sepanjang pantai, menambah semaraknya suasana pantai dengan ombak yang bergemuruh. 

Disepanjang pantai juga berderet gubug-gubug yang khusus menyediakan kuliner bagi pengunjung yang hobi menyantap aneka masakan hasil laut. Sejuknya udara pantai sambil ditemani makanan khas dan es kelapa muda khas tempat ini akan membuat anda betah bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Panorama lain yang dapat dinikmati di pantai Sepanjang ini adalah sunset yang indah menjelang senja. Pemandangan matahari yang tenggelam di ujung laut akan menambah keromantisan suasana di pantai yang segaris dengan Pantai Kukup dan Pantai Baron ini. 

Menariknya kawasan pantai Sepanjang Gunung Kidul ini ternyata menyimpan situs sejarah yang berhubungan dengan mata air Banyu Sepuh. Konon, mata air tersebut digunakan pada zaman dahulu untuk mencuci benda-benda pusaka para ulama dan wali. Saat ini letak pasti mata air tersebut sudah tidak diketahui karena tertimbun air serta karang pantai sehingga sulit ditemukan.

Fasilitas umum yang tersedia di kawasan objek wisata pantai Sepanjang sudah cukup memadai, diantaranya tersedia toilet umum yang bersih, warung makan, penjual oleh-oleh makanan khas yang berbahan rumput laut, serta penginapan dengan harga yang bisa anda pilih sesuai dengan kantong anda.

Akses menuju ke kawasan wisata Pantai Sepanjang cukup mudah. Anda tinggal melalui jalur menuju ke pantai Drini atau Pantai Baron. Jarak Pantai Sepanjang dengan kedua pantai tersebut hanya sekitar 1 km. 

Sesampainya di kawasan pantai Baron, anda perlu menuju ke timur melewati pintu mauk pantai Kukup hingga tiba di pantai Sepanjang. Tarif parkir di kawasan ini hanya Rp. 2.000,- per motor, sedangkan untuk tiket masuknya pengunjung hanya dikenakan Rp. 5.000,- per orang.


Demikian artikel informatif mengenai Pantai Sepanjang Gunung Kidul Jogja, semoga bermanfaat ya!
Facebook Comments

0 komentar