Pesona seruling laut pantai klayar pacitan jawa timur



Pacitan, kabupaten yang berada di ujung Jawa Timur ini memiliki pesona yang ternyata sangat indah. Keunikan kawasan Pacitan dimiliki beberapa objek wisata di kabupaten ini. Menariknya Goa Gong dan pantai Teleng Ria memang tidak usah diragukan lagi.

Kali ini Kabupaten yang menjadi tempat kelahiran Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ini menawarkan keindahan pantainya yang lain. Pantai ini disebut pantai Klayar, yang berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Keindahan pantai ini bukan hanya sekadar pemandangan air lautnya saja, melainkan berbagai keunikan yang ada di dalamnya.

Panorama Pantai Klayar menyimpan suguhan yang menakjubkan bagi mata pengunjungnya.  Selain hamparan pasir putihnya, di kawasan pantai terdapat bebatuan karang yang membentuk keunikan tersendiri dan memiliki irama indah ketika beradu dengan ombak pantai.

Tidak hanya itu, terdapat karang raksasa yang mengucurkan air mancur alami di tempat ini lho! Pengunjung dapat berinteraksi dengan nelayan yang beraktifitas saat hari-hari biasa. Sebaliknya jika hari libur tiba, para nelayan ini lebih memilih untuk memperbaiki jaring atau menyewakan perahu mereka untuk wisatawan yang ingin berperahu dengan tarif Rp. 25.000,- per orang.

Pantai Klayar memiliki pesona tebing yang indah. Banyak tebing di kawasan pantai ini yang berlubang dikarenakan terjangan ombak khas pantai selatan. Namun, pemandangannya masih mampu menghipnotis pengunjung disertai dengan deretan pohon kelapa yang berjejer di sepanjang pantai.

Pengunjung juga anda menjumpai sesekali warga setempat yang memanfaatkan pohon kelapa untuk diambil airnya dan digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman khas “Legen”. Minuman ini memang menjadi andalah beberapa kawasan pantai di wilayah Jawa Timur. Pemandangan sunset juga menarik jika disimak dari kawasan Pantai Klayar ini, sungguh eksotis!

Fasilitas di kawasan wisata Pantai Klayar sudah cukup memadai. Terdapat toilet umum dan warung makan yang nmenjual kebutuhan anda, sambil menikmati pemandangan pantai, anda bisa memesan es kelapa muda yang menjadi andalan pantai ini.

Pantai Klayar Pacitan memang masih dalam tahap pengembangan oleh pemerintah setempat sehingga infrastruktur yang ada pun masih terbatas. Tetapi, bagi pengunjung tidak perlu cemas, karena beberapa warga sekitar siap membantu jika anda membutuhkan penginapan atau semacamnya.

Akses menuju pantai Klayar Pacitan sangat mudah, hanya saja bagi pengunjung harus tetap berhati-hati karena ada beberapa bagian jalan yang belum diaspal. Anda akan menempuh jarak sejauh 40 km ke arah barat Pacitan yang dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Jarak tempuh yang demikian singkat pasti tidak melelahkan bagi anda yang nantinya akan menikmati pesona pantai yang memukau mata ini. Sesampainya di pantai Klayar, pengunjung akan disambut dengan dua karang raksasa yang tingginya menyerupai pohon kelapa di bagian timur pantai. Ikon pantai Klayar ini disebut-sebut mirip dengan panorama Tanah Lot di Bali.

Demikian artikel informatif mengenai Pantai Klayar Pacitan, semoga bermanfaat dan selamat liburan!

Facebook Comments

0 komentar