Romantisme Keindahan Laut Pantai Ora Maluku Tengah



Maluku sudah terkenal karena keindahan laut yang dimilikinya. Provinsi ini masih jarang terjamah oleh polutan dan masih alami. Pantai Ora adalah satu diantaranya. Objek wisata Pantai Ora Maluku sangat terkenal dengan keeksotisan terumbu karang yang dimilikinya.

Pantai Ora terletak di wilayah Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Pantai ini berlokasi di ujung barat teluk Sawai, bersebelahan dengan desa Saleman dan Desa Sawai, Tepi Hutan Manusela.

Pantai Ora Maluku memiliki keindahan panorama pantai yang memukau. Dengan air yang sangat jernih dan bersih, serta dipadukan dengan pasir putih, Pantai Ora menjadi destinasi wisata yang memanjakan mata para wisatawan yang mengunjunginya.

Selain itu, pengunjung dapat menikamti sepuasnya pemandangan terumbu karang alami yang jauh dari kata polusi, hal ini tentunya diilhami dari kesadaran penduduk sekitar serta wisatawan yang tidak pernah mengotori tempat ini.

Berbagai ikan dan biota laut yang asik bermain dibalik terumbu karang dapat anda saksikan. Sekitar 2000 wisatawan setiap tahunnya mengunjungi pulau ini (berdasarkan survey lokasi tahun 2015). Terbayang kan bagaimana keindahan alam Pantai Ora?

Selain panorama tersebut, bagi pasangan yang tengah menikmati indahnya bulan madu, juga tersedia sebuah resort penginapan nan romantis yang mengambang di atas pantai. Pemandangan ini serupa dengan pemukiman penduduk yang juga terapung di pantai, menarik dan eksotis! Bahkan beberapa menyebut keindahan Pantai Ora Maluku dapat bersanding dengan Maladewa, dan Moracay di Filipina.

Eksotisme Pantai yang ada di Maluku Tengah ini belum banyak tersentuh tangan manusia, sehingga dapat dimaklumi kealamiannya masih sangat terjaga dan hal tersebut merupakan potensi besar untuk dapat berkembang menjadi objek wisata yang diunggulkan.

Para pengunjung dapat menikmati berbagai permainan air seperti diving, snorkling, bermain pasir pantai. Sayangnya di kawasan ini belum tersedia warung-warung makan, sehingga pengunjung harus membawa bekal yang cukup.

Fasilitas dari Ora Beach Resort dapat juga menjadi pilihan wisata kuliner anda dan keluarga. Untuk penginapan. Pantai Ora Maluku menyediakan beberapa tempat dengan beragam harga bergantung pada fasilitas yang didapatkan.

Harga penginapan berkisar antara Rp.400.000,- per malam untuk tipe rumah darat, dan Rp. 750.000,- untuk tipe rumah terapung per malamnya. Biaya tersebut bukan merupakan harga pasti karena pengelola mensikronisasikan harga dengan musim yang sedang ramai atau sepi pengunjung.

Akses menuju ke pantai Ora Maluku cukup mudah bila disimak melalui Bandara Pattimura Ambon. Dari bandara tersebut, anda dapat menuju pelabuhan Talehu menggunakan angkutan umum yang sudah ada.

Dari pelabuhan, selanjutnya anda akan menggunakan kapal cepat menuju ke pulau Amahai (Masohi). Tarif kapal berkisar antara Rp. 100.000,- hingga Rp. 150.000,- saja. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menyeberang adalah sekitar 2 jam. Lama juga ya? Namun, anda pasti terbayar dengan keindahan alam pantai Ora.

 Bagi anda yang ingin manghabiskan liburan jauh dari polutan dan kebisingan kota, pantai Ora Maluku Tengah dapat menjadi pilihan destinasi wisata anda dan keluarga.
Demikian artikel informasi mengenai kawasan objek wisata Pantai Ora Maluku, semoga bermanfaat bagi perjalanan anda dan keluarga!

Facebook Comments

0 komentar