Tebing keraton bandung : cara menikmati bandung dari ketinggian


Kota Bandung Jawa Barat tak hentinya menawarkan pesona alam. Tempat yang saat ini mendadak populer karena pengaruh media sosial yang memajang foto-fotonya adalah Tebing Karaton Bandung. Tebing Karaton Bandung memang saat ini menjadi idola baru bagi wisatawan lokal maupun asing. 

Tempat ini menawarkan pemandangannya yang indah dan menakjubkan. Objek wisata unik ini terletak di dalam kawasan Dago Pakar atau Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda.

Dari atas kawasan ini pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Bandung dengan satu pandangan saja. View kota yang identik dengan Gedung Satenya ini dapat terlihat mengagumkan, tentunya saat cuaca sedang cerah. 

Menuju ke lokasi wisata Tebing Karaton, mata kita akan disuguhkan dengan panorama hutan hijau yang asri dengan latar belakang kota Bandung. Wow! Pengunjung juga akan dimanjakan  dengan panorama hijau asri, udara sejuk dan pemandangan memesona dari jalan yang dikelilingi dengan pohon rindang.

Tebing Karaton memiliki ketinggian 1200 m diatas permukaan laut. Berkunjung ke lokasi ini disarankan pada saat matahari terbit, karena panorama sunrise sangat memukau dari tebing ini. Pemandangan hutan dari tempat ini saat sunrise akan memukau mata pengunjung dan luar biasa indah. 

Bagi pengunjung yang hobi berfoto, di kawasan ini telah disediakan spot untuk anda ber-selfie, gratis! Namun, anda tetap harus berhati-hati karena bisa jadi saat musim hujan spot ini menjadi licin.
Fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah area parkir yang cukup luas, toilet, home stay, dan warung-warung makan yang menyajikan kuliner khas Bandung. 

Bila anda berencana untuk berakhir pekan di kawasan ini, anda bisa sambil mampir ke sebuah tempat nongkrong beberapa pemuda yang tentunya asik sambil menikmati makanan khas pegunungan. Selain menyediakan kuliner, tempat nongkrong tersebut juga menyuguhkan pemandangan hijau yang indah dari hutan raya Ir. H Juanda.

Akses menuju ke lokasi wisata Tebing Karaton sangat mudah. Dari arah kota Bandung anda dapat mengambil rute menuju jalan Dago hingga anda samapai di simpang Dago, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Taman Hutan Raya atau Tahura. 

Memasuki gerbang Tahura anda masih harus menuju sekitar 2 km untuk sampai di kawasan objek wisata Tebing Karaton. Nsmun, anda tidak perlu khawatir akan bosan, sebab mata anda akan disguhkan dengan pemandangan pernak-pernik khas Bandung yang dijual bebas di sepanjang jalan.

 Sambil menikmati perjalanan ini anda dapat menyaksikan berbagai kerajinan yang dijual penduduk sekitar. Tiket masuk ke lokasi ini masih terjangkau yakni sekitar Rp. 12.000,- per orang (untuk WNI) dan Rp. 76.000,- per orang untuk warga negara asing. Retribusi untuk parkir di tempat ini anda dikenakan tarif Rp. 5.000,- per motornya dan Rp. 10.000,- untuk satu mobil. 

Dengan biaya yang demikian terjangkau, sulit kan bagi anda untuk tidak memasukan Tebing Karaton ke dalam list destinasi liburan anda?


Demikian artikel informatif mengenai kawasan objek wisata Tebing Karaton Bandung Jawa Barat. Semoga bermanfaat untuk liburan anda ya!
Facebook Comments

0 komentar