Huan pinus mangunan jogja : Romantisme di balik ribuan pohon pinus


Kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja ini dikenal sebagai bagian dari Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Lokasinya dekat dengan wilayah Imogiri, sehingga terkadang lebih akrab di telinga masyarakat Jogja dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri. 

Di kawasan seluas 500ha ini pengunjung dapat menyaksikan pohon pinus yang berderet dengan tegak dan menjulang tinggi. Hutan Pinus Mangunan Jogja secara administratif terletak di  Desa Mangunan, Dlingo, Bantul Jogjakarta. 

Pada mulanya hutan ini merupakan hutan yang tandus dan akhirnya oleh pemerintah setempat dikelola menjadi hutan pinus yang hijau.

Menariknya kawasan Hutan Pinus Mangunan ini terletak pada pemandangan pinus yang menjulang serta penataan kawasan wisata yang hening. Ketinggian pohon p[inusnya sampai menyerupai kanopi alami sehingga dapat dipastikan udara sejuk di tempat ini. 

Hutan Pinus Mangunan sering dijadikan spot untuk mengabadikan momen, beberapa pasangan memilih tempat ini untuk menghimpun album prewed mereka. Tidak heran apabila Hutan Pinus Mangunan ini lebih banyak menjadi ikon berfoto yang indah di kawasan Jogja. 

Di dalam hutan terdapat semacam panggung yang sengaja dibuat oleh pengelola dengan menjadikan kayu pinus alami sebagai aksen bangkunya. Wow! Kreatif dan sayang untuk dilewatkan berfoto di tempat ini.

Hutan Pinus Mangunan merupakan area outdoor yang sangat menawan. Pohon pinusnya yang menjulang tinggi akan menjadi magnet tersendiri bagi beribu pasang mata. Bagi wisatawan yang hobi berpetualang, tempat ini menyediakan jalur outbond Wartu Abang yang bisa mengantar menuju sumber mata air Bengkung yang oleh masyarakat sekitar diyakini sebagai lokasi bertapa Sultan Agung Hanyakrakusumo.

Di kawasan Hutan Pinus Mangunan sudah tersedia beberapa fasilitas umum yang memadai seperti toilet umum, mushola, dan area parkir yang cukup luas. Beberapa gardu pandang diatas pohon juga disiapkan bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan hutan dari ketinggian. 

Untuk berwisata kuliner agaknya di tempat ini belum banyak tersedia warung, hanya beberapa pedagang yang menjual makan atau camilan ringan saja yang tidak pula berjualan setiap harinya, sehingga disarankan bagi pengunjung untuk membawa bekal sendiri.

Pihak pengelola tidak menari biaya masuk bagi pengunjung yang ingin berlibur kemari. Biaya hanya dibebankan bagi retribusi parkir yang berkisar antara Rp. 3.000,- untuk motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil, sedangkan untuk kendaraan bus dikenakan taris Rp. 20.000,-.  Biaya lainnya dibebankan kepada pasangan yang ingin mengambil foro prewedding di kawasan ini dengan biaya Rp. 50.000,- saja. Dengan biaya yang sangant terjangkau tersebut agaknya bagi anda yang hendak menghabiskan liburan ke Jogjakarta, wajib menikmati pesona alam Hutan Pinus Mangunan ini.

Akses menuju ke Hutan Pinus Mangunan tidaklah sulit, bahkan wilayah ini berada satu paket dengan beberapa objek wisata yang lain yaitu Kalibiru Kulon Progo dan Wisata Puncak Becici. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang berwisata ke tempat ini pasti sulit menolak untuk mengunjungi objek wisata lainnya yang dekat dari lokasi hutan ini.


Demikian artikel informatif mengenai objek wisata Kawasan Hutan Pinus Mangunan Jogjakarta. Semoga bermanfaat!
Facebook Comments

0 komentar